5 Cara Mudah Belajar Piano Via Online!

Gue pengen bisa main piano tapi gatau harus mulai darimana.
Mau les berbayar tapi masih ragu sebenernya pengen bisa betulan atau sekedar aja.
Malu nanya sama yang udah bisa karena ngerasa udah umur.

Daripada kebanyakan bingung, disini ada jawabannya. 5 CARA MUDAH BELAJAR PIANO VIA ONLINE! Gue akan jabarin caranya sesederhana mungkin supaya kalian (terutama yang masih buta banget) bisa dengan mudah mengerti 😀


1. Kunci G dan Kunci F

Sebelum belajar memainkan piano, tentunya kita akan belajar cara membaca not balok. Tapi ada yang perlu diperhatikan saat kita akan membaca not balok, yaitu kuncinya. Ada 2 jenis kunci (clef) yaitu kunci G dan kunci F. Not yang terletak di kunci G dimainkan tangan kanan dan not yang terletak di kunci F dimainkan tangan kiri. Berikut gambarnya.

Kunci G
Kunci F

2. Nama Not Balok

Sebenernya sangat mudah untuk membaca not balok, hanya saja diperlukan latihan terus menerus supaya kita terbiasa membaca not. Sama halnya seperti membaca kalimat. Waktu masih TK, masa-masa awal mengenal huruf, kita harus mengeja supaya bisa membaca kata tersebut. Tapi lama kelamaan, kita bisa dengan cepat membaca sebuah kalimat 🙂

Kembali ke membaca not balok.

C – D – E – F – G – A – B – C

Untuk pemula, ingat saja letak not C (yang gue kotakin merah) dan jadiin itu sebagai patokan. Ingat, nama-nama not tersebut akan selalu berurut dan berulang.

Sampe disini masih bisa ngikutin dong? Coba kita test dulu beneran ngerti atau gak 😀

Ambil kertas dan tulis nama-nama not di bawah ini. Jangan nyontek hihi.

Untuk ngecek jawabannya, klik disini.

Hayoo berapa menit yang dibutuhin buat ngerjain 32 soal di atas dan kamu bisa bener berapa? Komen di bawah yaaa 😀

3. Letak Tuts Piano

Nama-nama not balok udah tau, trus gimana mencet tuts pianonya? Coba perhatiin gambar di bawah ini. Begitu liat tuts piano, coba cari 2 tuts hitam yang berdampingan. Sebelah kiri dari 2 tuts hitam itu adalah not C. Dan ingat juga, letak tuts ini sama akan selalu berurut seperti not balok di atas.

4. Nomer Jari

Buat apa sih nomerin jari? Tujuan pemberian nomer jari ini adalah supaya sebelum kita memainkan nada tersebut, kita tau dimana letak ideal tangan kita. Kalo lagunya udah ngejelimet, penting banget liat nomer jari yang tertulis di partitur. Gak cuma buat sekedar indah dipandang, tapi juga memudahkan kalian pas lagi main lagu yang bertempo cepat atau banyak legato.

Jempol selalu diberi nomer 1 dan kelingking adalah nomer 5.

Pic from Piano Sumber Berkah

5. Ketukan / Nilai Not

Ada 1 hal penting lainnya sebelum kita mulai memainkan piano, yaitu ketukan. Ketukan berfungsi untuk memberi tau nilai dari sebuah not. Berapa lama not tersebut dimainkan, apakah 4 ketukan atau 1 ketukan atau lainnya.

Pic from BP

Kalau liat gambar di atas masih bingung, coba telaah gambar yang ini (bandingkan gambar atas dan bawah supaya bisa paham).

Pic from Teori Musik

Kita cek lagi dulu, udah bener paham gak. Coba kalian nyanyiin not dibawah ini dengan ketukan yang benar.

 

Bandingin yang kamu nyanyiin sama audio di atas, sama kah? 😀 Klik disini kalo bingung gimana ngitungnya.

Mungkin ada yang sebel, di contoh soal ada not yang pake titik tapi di bagian atas tadi gak dijelasin. Hahaha 😀 Jadi titik itu nilainya 1/2 dari not depannya. Banyak yang salah menduga kalau titik itu nilainya 1. BUKAN CES.

Pic from BP

Catatan:

  • Misalkan birama lagunya 4/4, maka dalam 1 bar total semua ketukannya adalah 4.
  • Begitu juga kalau birama lagunya 3/4, maka dalam 1 bar total semua ketukannya adalah 3.

Latihan

Secara teori udah jelas, sekarang mari kita coba praktekin 😀 Kuy, merapat ke piano / keyboard.

Latihan 01

 

Latihan 02

 

Latihan 03

Jangan langsung main 2 tangan ya. Main yang tangan kanan dulu sampe lancar, trus tangan kirinya. Waktu main per tangan pun, jangan langsung sikat 1 lagu sampe habis. Latihan baris per baris dulu sampe lancar. Setelah lancar semuanya, baru digabung main 2 tangan. Ingat.

 

Gimana? Berhasil memainkan lagu “Si Semut”? 😀


Setelah baca artikel ini, jadi udah bisa main piano nih hihi mudah kan? 5 cara tadi adalah cara mudah dan sederhana (sekali) untuk memainkan piano, baik cara membaca not dan juga menghitung ketukan. Sejauh ini sih gue ada rencana untuk nulis belajar piano episode 2, semoga terlaksana deh ya hahaha.

Kalau mau lebih expert sih harus rajin nge-explore (ntah bertanya sama yang bisa atau googling sana sini). Tapi terlepas dari itu, yang penting adalah niat dan rajin latihan. #ItuTeriakanMamikuDariDapur

Don’t forget to click the share buttons. Semoga tulisan ini bermanfaat ya!  😀

BACA JUGA:

#CERPEN. Ide tulisan ini baru muncul sekitar 10 hari lalu pas ada yang nge-WA gue, “Gimana cara baca not tangan kanan? Ko orang-orang bisa cepet baca not gitu ya? Gue pengen bisa tapi ngerasa gak ada bakat musik apalagi udah seumuran begini.” Lalu terpikirlah oleh gue, kayaknya gak ada salahnya bikin tutorial belajar piano melalui tulisan. Kalo emang penulisannya jelas mah pasti yang baca bakal ngerti ko 😀

6 thoughts on “5 Cara Mudah Belajar Piano Via Online!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *