9 Tips Menyusun Budget & Itinerary Secara Mendetail

Lanjutan dari postingan gue sebelumnya tentang Biaya Liburan Korea, sekarang gue mau share tips ‘Tips Menyusun Budget & Itinerary Secara Mendetail‘ ala Gege Tour and Travel hahaha 😀

Tapi masa iya, ada temen gue bilang gini, lu kalo bingung disana kemana ngapain, konsultasi itinerary pakai jasa Gege Tour and Travel ajaa wakaka 😀 Colek Om Icad haha 😀

Cocok banget buat yang pertama kali mau liburan ke luar negeri (tanpa tour) ataupun liburan dalam negeri. Yang punya sejumlah keraguan buat liburan ke luar negeri, wajib baca terus ampe bawah! 😀

Sedikit review dari postingan kemaren, disana gue ada kasih 4 tips buat jalan-jalan hemat.

  • Rajin buka situs penerbangan
  • Cari penginapan dengan harga terbaik
  • Bajetin untuk oleh-oleh dan belanja
  • Dan bikin itinerary secara detail

Lengkapnya tentang berbagai tips monggo klik #TravelTips 😀

Nah, sekarang gimana sih tips menyusun budget dan itinerary secara mendetail? #AlaGege

Berikut 9 tips yang biasanya gue lakuin (lebih banyak mengulas catetan liburan ke luar sih nih).

1. Gue ga punya jimat khusus sih buat dapetin tiket murah. Tapi coba baca tulisan gue yang tentang Biaya Liburan Korea (ctrl + F ‘rajin buka’), mungkin bermanfaat.

2. Terkesan sepele tapi menurut gue ini penting. Sebelum lu beli itu tiket murmer, pastikan dulu lu mau pergi sama siapa. Apakah lu pergi sama anak yang demen kuliner? Atau demen wisata alam? Atau demen wisata kota? Apakah anaknya hedon suka shopping? Anaknya lelet atau gercep? Sebisa mungkin, pergilah jalan-jalan dengan orang yang ‘sejalan’ sama lu. Biar apa? Biar persiapan liburannya menyenangkan, saat hari H juga menyenangkan, dan pada akhirnya dompet ga kewalahan (kalau-kalau ternyata doski beda tipe gaya jalan lu).

3. Begitu tiket rilis, hal yang pertama gue lakuin itu pasti bikin tabel di Google Sheet. Kenapa Google Sheet? If there is any update, all my travelmates can see the latest updates. Balik lagi. Yang gue bikin di GSheet biasanya kolom waktu, tempat tujuan, stasiunnya apa, perkiraan biaya (mata uang asing dan juga dalam IDR) dan juga details. Begini siy kurleb,

tips menyusun budget dan itinerary secara mendetail
Dalam negeri
tips menyusun budget dan itinerary secara mendetail
Luar negeri

4. Caritau tempat wisata yang wajib dikunjungi dan bagus untuk dikunjungi itu apa-apa aja. Kalau bisa dengan mudah nemu HTM-nya, langsung put juga aja di GSheet. Contoh keywords for googling, ’10 tempat wisata wajib di Brazil’. Jangan cuma buka 1 tab ya atas keywords tadi, tapi buka sebanyak-banyaknya. Pilih tempat yang cocok dengan gaya traveling kalian. Inget, yang cocok. Biasanya karena masih awal, gue put secara random dulu di GSheet, hari pertama ke A, B, C, hari kedua ke D, E, dst. Maksudnya dengan kondisi ga urut tempat.

5. Biasanya sih, sembari poin di atas gue proses, gue sambil bikin bajet sekasar-kasarnya (kasar not means asal, tapi gue bikin angkanya agak lebay). Gue disana bakal berapa kali makan, sekali makan abis berapa, perkiraan transport abis berapa, kasaran biaya penginapan, HTM, biaya oleh-oleh, juga biaya tak terduga, dll. Misal pergi ke luar, biasanya dari harga tukar hari itu, gue mark up juga. Biar kalau pas hari H nilai tukar naik, ga pingsan.

Jadi walaupun masih 9-12 bulan menjelang hari H, gue udah bisa dapet gambaran sekitar setaun ke depan berapa biaya yang perlu gue sisihkan.

6. Download gambar peta MRT yang ada disana sambil ngebandingin ama Google Maps. Kalau perjalanan ke luar, biasanya gue suka udah download juga aplikasinya. Jadi betul-betul ada gambaran perjalanan dari A ke B abis ongkos berapa, berapa lama perjalanan, dll.

7. Dari catetan tempat wisata yang mau lu kunjungin, mulai kelompokin tempat wisata itu adanya di sebelah mana. Sambil urutin tempat-tempatnya. Biar waktu yang terpakai saat liburan bisa digunakan secara maksimal. Untuk mendukung kegiatan pengelompokan ini, bukalah teknologi yang bernama Google Maps.

8. Setelah udah kebayang gue banyak main ke daerah mana, gue cari deh tempat tinggal yang strategis, bersih, dan pastinya murmer. Biasanya, gue sambil buka, TripAdvisor (liat review orang), AirBnB, Agoda dan semacamnya dan juga GMaps (pastinya).

BACA: Tips Memilih Penginapan Yang Murah dan Strategis di Hong Kong

9. Kerangkanya udah lumayan kan nih, mulai deh gue re-check baris per baris. Apa betul biayanya segitu, susun perkiraan waktu juga, trus cari informasi selengkap-lengkapnya bagaimana cara ke tempat A, apa ada hal-hal yang harus diperhatikan kalau gue ke tempat B, dll.

Semua hal di atas ga gue kerjain kebut semalem ko hahaha 😀 Ini prosesnya lumayan panjang.

Biasanya poin 1-3 itu gue susun dari pas beli tiket, sekitar 9-12 bulan. Trus gue tinggalin dulu itu GSheet kan, trus 6-8 bulan menjelang dipersempit lagi, gue jalanin tuh poin yang ke 4-6. Sampe akhirnya 3-4 bulan menjelang, semuanya gue godok lebih mateng. Yang tadi gue bilang re-check baris per baris itu, biasanya gue sambil buka blog-blog orang, dan juga GMaps (selalu).

Selain itu, ada 1 lagi. Ga penting banget sih tapi gue selalu melakukannya. Sebelum berangkat, gue udah coba caritau juga oleh-oleh yang biasanya dibawa apa, harganya sekitar berapa, dan gue perlu bawa oleh-oleh itu untuk siapa aja. Makanya ya, gue suka pusing (dan suka menolak) kalau ada yang nitip ini itu. Pertama, ga prepare duit berlebih. Kedua, tas gue biasanya gak muat hahaha 😀 (tapi emang beneran ga muat haha).

Gue bikin bajet sedetil-detilnya karena duit ngepas kan yaa sob. Pernah gue ngulas tentang, “Perkara Prioritas atau Banyak Duit“, karena sebenernya kegiatan jalan-jalan gue ini ya pake niat-niatan aja sih.

Gue ga termasuk tipe High-Budget-Traveller yang kalau ke luar itu buat shopping (mumpung murah), atau bisa kapan aja pergi liburan karena stok duit bejibun. No, no. Dan juga gue suka agak susah kalau diajak bepergian (yang pake kocek lumayan) tapi mendadak. Sempet nih beberapa kali ada yang ngajak pergi mendadak ke Derawan, Belitung. Hahaha, tapi sedihnya pasti gue tolak. Karena alokasi dananya lagi ke tempat lain, jadi ga bisa tiba-tiba dibelokkan. Trus juga kenapa gue bikin bajet sedetil-detilnya, karena gak jarang gue suka denger cerita orang yang abis berlibur, eh overbudget smilies_fb5ohtveegn8.gifsmilies_fb5ohtveegn8.gif

Daripada overbudget trus pulang liburan malah jadi stres, kalau emang bisa diprepare sebelum keberangkatan berapa pengeluaran lu disana, why not kan :)))) Jadi pulang liburan, hati senang dompet tetap senang 😀

BACA JUGA:

Don’t forget to click the share buttons! 😀



Booking.com



5 thoughts on “9 Tips Menyusun Budget & Itinerary Secara Mendetail”

    • hai inudy…. 🙂
      ga sendiri, ada 2 teman lainnyaaa.. tapi kebetulan aku yg urus semuanya..
      kalau bingung? ahaha
      sejauh ini kalau lagi libur keluar, ga sampai menemukan kebingungan yg begitu kompleks sih, krn semaksimal mungkin aku udah prepare semuanyaa drsni.. prepare: book hotel, htm wisata, info jalur kereta, brenti di stasiun apa, kisaran harga oleh2, dst….

        • Inudi mau ke korea? Yuuk ak jg ada plan, tambah tertarik stelah baca disini, tapi jg bingung krn blm pernah sama sekali T_T, add kakao aku ya : rainisme

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *