Akhirnya kesampean juga nulis cerita perjalanan ke Seoul bulan Mei kemaren hihihi. Berikut catatan perjalanan ke Gyeongbokgung Palace, King Sejo Statue, Hanok Bukchon Village: Hari ke-1 🙂

Penasaran gimana caranya Biaya Liburan ke Korea Gak Sampe 8 Juta (6D/5N)?
BACA: Jalan-Jalan ke Korea, Sejam Aje 😀

4 Mei 2016

Welcome to Korea! Begitu landing, di dalem pesawat langsung terputar lagu-lagu KPOP. Rasanya makin ga sabar untuk keliling-keliling disini. Pesawat landing jam 08:20 waktu setempat. Begitu sampe kami langsung minum, aus bet. Abis itu security checking. Antriannya puanjaaang banget. Hampir 1 jam lah kami disini. Tapi imigrasinya ga selama-lama pas security.

Processed with VSCO with c1 preset

Begitu selesai semuanya, kami langsung beli T-Money Card. Ada beberapa tempat yang jual T-Money.

Yang paling murah itu di Book Store depan Gate 7. Cuma 2,500 won saja. Ga cuma beli T-Money Card, kami juga langsung top up 22,000 won (top up nya kelipatan 1,000).

Dari bandara ke kota ada banyak jenis transportasi. Tapi kami pilih kereta, karena cepat dan juga ga mahal.

Kereta pun terbagi 2 jenis lagi, ada yang Airport Express Train, ada juga All Stop Train. Perbedaannya, yang AREX ga berhenti semua stasiun, which means lebih cepat dan lebih mahal.

Kami pilih All Stop Train, ini aja cuma 50 menit udah sampe di stasiun tempat kami menginap. Kami turun di Hongik University Station. Area ini disebut juga Hongdae. Begitu sampe di Hongik, kami exit 3.

Dan ngikutin petunjuk yang udah di email oleh hotelnya, tibalah kami jam 11:30 di Patio 59 Hongdae 2nd Branch. Gue sih ngerasa ini lebih kayak apartemen, bukan hotel. Fasilitasnya ada apa aja?

• Kitchen set: panci, kuali, piring, sendok, piso, sabun cuci piring
  • Mesin cuci, deterjen
  • Kamar mandi dalem, hair dryer
  • TV, kulkas
BACA:   Liburan di Bali, Malang, Batu & Jogja 4.1 Juta ALL IN (7D/7N)

Asik kan dalemnya 😀 Dan untuk 6 malem disini, per orangnya cuma perlu membayar 785,000 rupiah saja!

Mandi, beres-beres, kami langsung cus.

Jam 12:45 kami udah sampe di Gyeongbokgung Palace.

HTM 3,000 won

Selama disini kami ga pergi ke banyak palace. Karena ya kurang lebih bakalan mirip. Jadi kami pilih 1 palace saja yang cukup gede dan juga terkenal.

Processed with VSCO with c1 preset

Setelah itu, kami ke King Sejo Statue. Cuma tinggal nyebrang aja dari Gyeongbokgung Palace. Jadi statuenya ada di tengah-tengah jalanan, yang dimana di pinggir-pinggirnya dikelilingi sama gedung-gedung bertingkat. Disini kami fotoan Hanbok gratis.

Posisinya ada di dalam Gwanghwamun Station (turun tangga ke bawah kalau dari statue).

Kalau ada duit lebih, bagus juga sewa Hanbok selama Gyeongbokgung Palace / King Sejo. Ya lucu aja bisa sambil fotoan dengan view landmark Korea sambil pake Hanbok. Dan pastinya, yang berbayar itu Hanboknya lebih cantik daripada yang gratisan ini hahahaha 😀

Processed with VSCO with c1 preset

Dari Gwanghwamun, kami lanjut (masih) jalan kaki ke Anguk. Tujuan kami mau ke Buckhon Hanok Village. Jalannya lebih jauh daripada yang tadi. Jadi kami sempet berenti makan dulu di Hamburg Steak & Pasta. Tempat asik, dekorasinya juga unik.

Menurut pengamatan gue disini tuh:

• Bentar-bentar ada cafe
  • Cafe dengan ukuran ga terlalu gede
  • Kebanyakan mejanya untuk ukuran 2-4 orang
  • Dekorasinya unik-unik
  • Dan ampe malem banyak yang betah nongki ngobrol-ngobrol di cafe

Begitu sampe, kami langsung dikasih appetizer dan juga free air putih. Harga makanan disini sekitar 8,000 – 9,500 won.

Perut sudah terisi, kami lanjut sedikit perjalanan lagi dan tiba di Hanok Bukchon Village. Hanok Village ini kayak suatu daerah yang isinya rumah-rumah tradisional di Korea. Ada beberapa rumah yang dibuka untuk umum, maksudnya kita bisa masuk dan liat-liat. Sepanjang disini, kita ga boleh terlalu berisik. Banyak papan tulisan yang menuliskan supaya pengunjung keep silent.

BACA:   4 Tips Liburan ke Luar Negeri dan 3 Cara Mengatur Keuangan

Processed with VSCO with c1 preset

Next, kami ke Korea University. Disini kami cuma liat-liat aja sih ada apaan aja di kampus. Kami cuma duduk-duduk anteng, sambil liat dan peratiin orang-orang yang pada lewat. Jadi di kampus ini depannya ada halaman rumput luas. Dan mahasiswanya suka bawa-bawa tiker / kain buat alas-alas duduk. Jadi di halaman nan luas ini, ada banyak kelompok-kelompok mahasiswa yang duduk-duduk, pacaran, ngobrol, nyanyi, ketawa, etc. *Trus tiba-tiba jadi kangen suasana UNAI*

Insadong. Disini kami sight-seeing aja sih, ga shopping. Keluar masuk toko. Dapetin gratisan. Wahahaha XD

Kaki pun udah pengkor banget disini, dan kami pulang ke Hongik Station. Sambil perjalanan pulang, kami mampir dulu ke GS25. Semacem Alfamart.

Setiap hari pasti kami beli nasi ini. Dan ini gak cuma nasi polosan, tapi ada lauknya juga. Ada yang Tuna, Beef, Cheese. Trus nasinya dilapis sama rumput laut. Makan 2 nasi udah bisa bikin kenyang :))) Harga 1 nasi? 800 won saja!

Udahan dulu ya, ngantuk. Good night!

Note: Penasaran gimana cara liburan hemat ke Korea ala gue? Cus klik disini :)))) Don’t forget to subscribe! 😀

9 thoughts on “Mengunjungi Gyeongbokgung Palace, King Sejo Statue dan Hanok Bukchon Village (1/6)”

• halo, mba. saya ada rencana minggu ini ke korea, dan sampai ke blog mba. Kebetulan banget saya dan teman akan stay di Patio 59 Hongdae 2nd branch juga. Boleh tanya ga kira2 ancar2 ke sana dari stasiun Hongdae gimana ya. Kira-kira exit mana yang terdekat untuk sampai hotel. Saya sedang email hotelnya, tapi sampai sekarang belum di reply. Semoga berkenan menjawab, makasih banyak 🙂

• widihhhh….udah jd impian gw ke korea, tp blum kesampean, cuma bisa ampe singa ama thai hehehhe, tnx bgt udah share info2 dan pengalaman menariknya

• thankyoouu!
      hihihi rajin pantengin situs maskapai ajaaaa.. ketemu murah langsung hajaar broo! coba pantengin hari minggu atau senin pagiii dehh

• oh gitu, gw baru tau klo 10 jutaan bisa ke korea, tp kykx mang udg gt kira2 kisaran habisnya hehehehe, blog ini mnrt gw sangat lengkap uraiannya, foto2 nya juga kren2, jd pengunjung jd pengen bgt ke sana, gw suka nntn drama kores sich, jd pengen bgt ke sana, tp krna dr Kota Manado so agak jauhan, pasti klo dr daerah kena Tiket PP dr Jak hehehhe, blum lg Visa ngurusnya ssh klo gak tgl d Jak, bnyak teman2 gw pengen bgt ke sana, tp mngkn mereka krng tau saja mau mulai dr mana, jd tmbh2 info klo jalan2 sendiri lbh seru ketimbang ikut Tour, sama waktu ke singa sama Thai gw juga jalan biasa ama teman2, btw d korea ada Grab gak heheheh coz d thai waktu lalu cuma pake itu doang,coz gak tau jalan kan, dgn transportasi juga kan cape klo naik turun hehehhe, selebihnya tnx and keep go on for new adventure for next country.

• huahaha karena suka nonton drama korea tuh.. gue ga sih, emg karena kebetulan aja ketemu tiket murah 😀
          susah jg ya lokasi disana, untuk visa sih ya paling mintol agen tapi tiket ke jkt nya jg udh bikin modar hahaha
          tp bermimpi tak salah toh 🙂

wah terima kasiihh, senang kalau pengunjung bs merasa uraiannya lengkap.. smg konten blog ini bs bermanfaat terus ya! 🙂