Pengalaman Operasi Cabut Gigi Bungsu Cuma 15 Menit, Jangan Takut!

Berbagi pengalaman gue saat operasi cabut gigi bungsu ๐Ÿ˜€

Operasinya hari Senin 7 Maret 2016. Singkat cerita, gigi geraham bungsu gue baik kanan dan kiri tumbuhnya miring.

Miring gimana sih? Ini fotonya.

IMG_8245

Jelas dong kan ya? Begitulah kira-kira. Dari sekitar 3 taun lalu gue suka ngerasa nyeri, tapi nyerinya kayak paling setaun sekali, mungkin pas proses numbuh. Tapi taun ini, tepatnya Feb W3 gue ngerasa gusi udah cukup memerah alias ngeradang, kesenggol makanan selembut apapun sakitnya bukan main. Jadi deh gue rontgen gigi untukย memastikan emang gigi gue ini tumbuh miring. Yakali kan dokter maen langsung bedah-bedah ๐Ÿ˜€

Mestinya gue operasi cabut gigi 25 Februari, tapi ketunda jadi 3 Maret, dan lalu ketunda lagi jadinya 7 Maret. Sebenernya gue anaknya banci googling banget. BANGET. Tapi khusus case ini gue gak berani googling sama sekali. Gue cerita ke beberapa temen, ada yang bilang operasinya 2-3 jam, ada yang bilang suntik bius ampe 4x, ada yang bilang bengkak seminggu, ada yang bilang sakitnya bukan main pasca operasi, campur-campur deh.

Untungnya gue anaknya gak panikan banget, jadi keluar-masuk aja omongan-omongan itu.

Sampe akhirnya tibalah hari H. Selesai makan, mandi, gue beraniin buat googling. Haleluya, postingan yang gue temukan adalah postingan yang gak terlalu buruk, which means gak bikin gue jadi terlalu deg-degan.

Pertama gue berangkat dulu ke Yakes Gatsu, buat perpanjangan surat rujukan karena surat rujukan yang petama udah expired (batasnya 1 minggu dari tanggal surat dikeluarkan). Trus gue melaju ke RS Jakarta. Kenapa ke RS Jakarta? Konon katanya, ada dokter yang oke banget buat operasi cabut gigi. Dokter kawat gigi gue bilang gitu, ada temen kantor juga bilang gitu. Jam 11:30an gue udah tiba disana dan dapet antrian nomer 6. Seperti pesen dari dokter di Yakes, gue harus makan siang dulu. Karena pasca operasi bakalย susah makan (untuk beberapa jam ke depan).

Selesai beli makan, gue masuk keย ruangan Dental, lalu gue isi form persetujuan untuk dilakukan tindakan. Dan ternyata dokter baru mulai praktek jamย 12:30 (sengaja gue dikasitau dokter mulai praktek jam 12 supaya datengnya lebih cepet).

Sekitar setengah 1, masuk pasien pertama. Disitu gueย masih tenang aja. Sampe akhirnya nomer 4, tangan mulai dingin. Ya namanya juga pertama kali kan gini-ginian, jadi agak-agak panik. Udah mana gigi yang mau dicabut ini akarnya agak nyatu, jadi emang bakalan sedikit susah untuk dicabut. Gue khawatir aja pas dicabut akarnya patah, lalu harus dikorek-korek sana sini supaya akar kecabut.

Jeng-jeng. Nomor enam!

Ga ngobrol panjang, dokternya langsung suruh gue duduk di kursi bedah. Trus langsung dibius 2 suntikan. Ini sih yangย agak berasa. Tapi berasa dikit aja sih. Sambil nunggu obat biusnya bereaksi gue nanya, “Dok, ini berapa lama ya operasinya?” Si dokter jawab santai, “Ya bentar aja, ngapain lama-lama. Pasien saya masih banyak diluar ๐Ÿ˜€

Sekitar 3 menitan, dokter samperin gue sambil udah pegang alat dan nanya “Masih kerasa ga?” Sambil gue mikir coba ngerasa-rasa, “Kayaknya sih udah engga, Dok.” Dan si dokter pun udah langsung mulai (daritadi). Entahlah pake alat apa aja, congkel sana congkel sini, robek sana robek sini, gak lama mahkota gigi kelepas. Gak ada tuh cerita nariknya susah atau apa. Gak lama lagi juga, akar (bagian pertama) kecabut. Karena akar yang nyatu itu, jadi gak langsung kelepas semua. Dokternya langsung celoteh, “Masyallah, ini akar begini amaat. Ayo sekali lagi, Sus. Masih ada yang ketinggalan.” Gue kira bakal lama, eh ternyata sebentar aja potongan akar yang satu lagi langsung kelepas juga).

Oya, sambil congkel-congkel, dokternya itu suka sambil bersenandung. Bikin hati lumayan adem. Thanks, Dok! Selesaiย gigi graham bungsu kiri kecabut semua, si dokter mulai jait-jait (total 4 jaitan), and FINISH! Gak kerasa sakit dan gak menyeramkan ko ๐Ÿ˜€

Pesan dokter sebelum gue keluar,

  • Hari ini jangan sikat gigi dan juga kumur
  • Minggu depan ke dokter yang di Yakes buat lepas jaitannya

Dan kalian tau?ย Paragraf di atas itu cuma menghabiskan waktu sekitar 15 menit SAJA!

Gue aja agak kaget, pas dokter bilang gigi graham bungsu kiri udah kecabut semua. Gercep gils.

Siapa nama dokter itu? drg. Abdul Latif, Sp. BM.ย 

drg. Abdul Latif Sp. BM salah satu dokter gigi spesialis Bedah Mulut di RS Jakarta yang juga sebagai Kepala Departemen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia untuk spesialis Bedah Mulut yang tentu saja kemampuannya tidak perlu diragukan lagi di bidang Bedah Mulut.

Gue cuma mau bilang kalo dokter ini recommended banget buat kalian-kalian yang ngerasa takut untuk operasi cabut gigi bungsu dan juga yang dicover asuransi. #ThanksKantorBuatAsuransinya

Selesai operasi, gue tebus obat dan berikut biaya yang dikeluarkan.

  • Operasi : 4 juta
  • Antiobiotik : 80rb
  • Mencegahย nyeri : 4rb
  • Mencegah bengkak : 3rb

Total biaya yang dikeluarkan 4,087,000 rupiah (untuk 1 gigi).

Dan pasca operasi, gue gak merasakan sakit yang begitu dasyat, paling nyeri-nyeri dikit aja. Tapi kan ada obat anti nyeri juga. Palingan sih pas hari Senin malem menjelang tidur, gue agak takut Selasa pagi bakal kebangun karena sakit, efek obat udah ilang. Tapi tapi tapi, pas gue kebangun Selasa pagi, gue bangun dengar keadaan segar, sehaaaatt, tanpa rasa sakit. Puji Tuhan!

Tapi ingat masih ada 1 gigi lagi yang perlu dicabut ๐Ÿ˜€

  • W1 : Cabut gigi kiri
  • W2 : Lepas jaitan gusi kiri
  • W3 : Cabut gigi kanan
  • W4 : Lepas jaitan gusi kanan

Semuanya langsung gue sikat dalam 1 bulan ๐Ÿ˜€

Buat temen-temen yang kasus giginya sama, apalagi bisa kecover asuransi untuk biaya operasi cabut gigi, ataupun yang punya dana berlebih, gue amat menyarankan untuk operasi cabut gigi (sama drg. Abdul Latif). Jangan takuuuutt, trust me. Sekejap selesai, dokternya pro. Gigi lu gak bakal sakit-sakit lagi di kemudian hari ๐Ÿ˜€



Booking.com



44 thoughts on “Pengalaman Operasi Cabut Gigi Bungsu Cuma 15 Menit, Jangan Takut!”

  • wah ini bener banget drg. abdul latief SpBM emang paling juara. Waktu itu saya operasi sm dia di RS Mayapada Lebak Bulus. Keluar2 5jutaan tahun 2015. Tp hasilnya puas banget cuma 15-20 menit kya bukan operasi ya. emang harga gak bohong. recommended bgt.

    • hahaha, beneerr.. harga emang ga boong!
      itu 5 jutaan tahun 2015, operasi berapa gigi?
      recommended :)))))

      salam kenal, andin!

  • siang ini gw baru rontgen panoramic. pas liat hasilnya gw sadar gigi sebelah kanan gw. gigi geraham sebelah kanan gw sama dengan foto rontgen di atas. but yg sebelah kiri ekstrim bro, dan memang baru ngerasa sakit kemarin dan belum keliatan giginya. GIGI BAWAH TUMBUH KE BAWAH. alias akar di atas, gigi di bawah :((( gw lagi cari artikel cabut gigi ini. btw thanks infonya

    • hai iqbaall ๐Ÿ™‚
      anti mainstream banget itu giginy bro hahaha semoga lancar proses operasinyaa.. no need to worry, mending cepet dicabut daripada sakit2 terus… ๐Ÿ™‚

    • hai avim, yang kemaren dm yaaa? sori baru liat komen yang di blog hehehe
      iyaa 4 juta untuk 1 gigi ๐Ÿ™‚

  • Wah, pas banget nemu blog mbaknya ๐Ÿ™‚

    Saya lagi cari referensi dokter yang bagus untuk operasi gigi bungsu dan kemaren baru googling dokter Latief salah satu yang terbaik. Rencana minggu ini mau ke dokter Latief. Oh iya mbak, itu harus pake rujukan ya? atau bisa langsung ke dokternya? soalnya saya udah ada rontgen panoramic terbaru.

    • wah syukurlah ๐Ÿ™‚
      ga harus pake rujukan sih, kemaren saya pake rujukan karena ditanggung kantor jd bawa rujukan dari “kliniknya” gituuu..
      semoga lancar proses operasinya!

      • Mbak, akhirnya 2 gigi telah tercabut *yeay ๐Ÿ™‚
        Dokternya memang paten (harga gak pernah bohong), selama operasi gak ngerasain sakit yang berarti. Tapi pasca operasi nih, sampe sekarang bengkak gak kempes signifikan, padahal udah hari ke 5 ๐Ÿ™

        Kalo bengkak memang agak lama ya mbak? dulu mbaknya berapa lama baru keliatan kempes?

        Oh iya, untuk cabut benang dulu mbak di hari ke berapa baru lepas? lepasnya dibius nggak mbak? sakit?

        • yeay, selamat! hahahaha
          cabutnya di drg abdul latief jugaa?
          bener kaann, ga ada rasa sakit yang berarti.. dan cepet juga kan prosesnya hihi…
          itu cabut sekali 2 atau di hari yang berbeda?

          oyaa? bengkaknya keliatan banget emang? aku gak terlalu bengkak sih, maksudnya kalau diperhatikan betul mukanya baru keliatan bengkak..

          aku minggu depannya baru lepas benang, 1 minggu kemudian.. ga bius ga sakit ko hihi, geli2 ajaa hahaha

          • Eh, kayaknya beda dokter deh mbak, saya dokter Prof Benny latief, disana ada beberapa Latief ya, apa mereka satu keluarga? :))

            Iya gak sakit mbak pas operasi nya, dan cepat juga. Saya langsung 2 gigi, masih ada PR 2 gigi lagi hahaha. Mbak cabut berapa gigi jadinya?

            Sekarang Alhamdulillah udah berkurang bengkaknya, udah bisa makan enak lagi…yeay ๐Ÿ˜€
            Paling minggu depan cabut benang mbak

          • wakakaka! jangan mereka latief bersaudara? #sotoy
            wih lsg cabut 2, tapi lumayan sih kalau mau cabut 4, males banget ampe 4x ke rs.. aku cabut 2 yg bawah ajaa…
            udh cabut benang dong ini? kapan cabut yg 2 sisa?

  • Wah pas bgt sy lg cari rekomendasi dr. SBM. Mbak. Abis operasi gigi bengkak gak? recovery nya berapa lama?

    Thankyou

    • hai sashaa… aku ga bengkak, tp ada temenku bengkak.. kurang tau jg, tp kayaknyaa bengkak ga bengkak mungkin tergantung respon tubuh atas operasi *maybe hihihi

      recoverynya gak lama ko.. abis operasi itu sorenya aku langsung ngemall trus besokny langsung gawe wakakaka :))))

      semoga lancar proses operasinya yaaa… semangat!

    • hai pindang ๐Ÿ™‚
      gak sampe rawat inap… gue dateng stg 12an, gak sampe jam 2 udah cabs dari RS ko hehehe
      ndak bius total, cuma bius di area gusi / mulut ajaa..
      ga mengerikan ko hahahaha

  • super setujuuu!!! baru aja hari ini di cabut sama dr abdul latief di rspi dan gila cuma 15 menit dan ga ngerasain ngilu sekalipun dan pendarahannya juga ga lama! doain ya mba supaya cenat cenutnya ga ekstrim dan bengkaknya ga parah!! kalo di rspi tadi aku kena 5 juta yg atas dan 6 juta yg kiri hihi ngasih referensi aja bagi org22 yg mau ke drg abdul latief!

    • cepet kan hihihi kayak ga berasa gt loh 15 menit ๐Ÿ˜‚ iya semoga ya, biar cepat pulih….
      hooo udh segitu kah harganya, dalam setaun naik banyak juga ahaha atau beda rs beda harga kali ya ๐Ÿค”

    • halo ditaaa :))) aku kurang tau euy kalau utk operasi cabut giginya, tp kayak khawatir ga full cover.. kalo saranku, cb mba tlp dulu aja ke rs jakarta tanya ttg kalau mau mau operasi cbt gigi pakai bpjs (bisa ga, prosedur gmn, dll)

  • Mau nanya nih gan, drg abdul latief itu kerjanya di RS mana yaa?soalnya sy bkn org jakarta, jadi ga tau dimana tempat prakteknya ๐Ÿ™

    • kemaren ini sih aku operasinya di RS Jakarta (belakang Plaza Semanggi)
      yang aku tau, kalau di RS Jakarta, beliau ada setiap kamis siang

      barusan aku coba googling, sptnya beliau ada juga di RS Mayapada, setiap selasa sore

    • kemaren ini sih aku ke dokter gigi dulu, karena perlu surat pengantar utk asuransi (kantor) ku.. trus disuruh rontgen gigi dulu, utk memastikan ada gigi yang tumbuh tidak tepat…

  • Wah senang nemu tulisan mbak. Sy juga rencana mau cabut gigi bungsu. Hasil googling ternyata drg abdul latif praktek di denta medika juga ya. Sy telp ke denta medika biayanya juga lebih murah daripada di rumah sakit. Semoga walaupun biaya lebih murah prosesnya juga tetap nyaman seperti pengalaman mbak ya ๐Ÿ˜Š

  • Wahhhhh makasihhh bangeeettt info nya.
    Mank aku juga lg nyari2 referensi penanganan gigi yg cepata dan tepat dannjgn smpe ada efek samping.
    Kebetulan aku hbis bedah rahang 4x krn gigi bungsu Ku ada 4. Ehmmp cuma sudh setahun sakit2an dan kepala gampang sakit. Sakitnya itu sampe ke badan2, jd tegang semua.

    Mau coba periksa dr awal, dan rontgen lagi.
    Kykny info nya good. Makasih ๐Ÿ™

  • Aku baru aja cabut gigi bungsu atas dan nggak pakai operasi apa-apa, bener-bener cuma dicabut aja pakai alat, giginya juga kecabut sempurna. Sempet kaget karena udah parno bakal insisi, jahit, dll2, ternyata nggak sama sekali. Cuma disuruh minum ibuprofen, dibius, tunggu 3 menitan, dicabut (takes about 30 seconds), dan selesai. Mungkin karena gigi bungsu aku udah tumbuh sempurna kali ya, tapi miring aja, jadi gesekannya bikin jaringan di pipi dalam aku iritasi. Setelah baca cerita gigi bungsu yang penuh dengan kesedihan dan nestapa, this is a huge relief to me! Hahaha

  • Hi, mau tanya untuk dr abdul latif yang di rs jakarta ini harus bikin appointment ato bisa dadakan dateng operasi ya? sama kalo sedang nyut2 an lumayan sakit, apa boleh langsung di operasi ya? soalnya gigi bungsu saya miring dan lagi ngambek kayanya, jadi kaya ngedorong gigi sebelah2 nya. thank you..

    • enaknya sih bikin appointment dulu ya, soalnya daripada pas kita dateng ternyata jadwalnya hari itu udah padet banget kan hehe

      aku kurang tau deh kalo lagi nyut2 lumayan boleh lsg dioperasi atau ga
      tapi emg udah pasti tumbuh miring? utk memastikan sih baikny rontgen dulu ๐Ÿ™‚
      aku kemaren jg rontgen dulu

      • dulu udah pernah panoramic sih, tapi hasilnya ilang, jadi udah tau sebenernya kalo miring, cuma berhubung dulu masih merasa ga butuh operasi (padahal mah takut) jadi ketunda sampe skrg. ok deh makasih infonya ya..

  • yg kaya gini mah sama mantri di puskesmas kampung juga bisa, cuma bayar 30 rebu thok, resiko tanggung sendiri… ๐Ÿ˜†

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *