[Baru] Antre Pembuatan Paspor via Whatsapp

Kalo kalian pernah baca tulisan gue sebelumnya tentang Mengurus Perpanjangan e-Paspor, sekarang ada sistem baru yang sangat memudahkan masyarakat untuk Membuat e-Paspor / Paspor. Buat gue yang pernah bikin paspor dengan cara sangat konvensional, gue mengakui sistem yang sekarang ini luar biasa. Standing ovation to the government! :betty:betty

DULU


  • Gue kudu ngantri pagi-pagi buta supaya bisa kebagian kuota dan juga nomer urut antrian awal

SEKARANG

  • Duduk manis pegang HP, antri via WA aja broohh 😀

Sebenernya ada juga sistem antrian online di website, klik disini, tapi pendaftaran kadang cuma buka di waktu tertentu. Dan gue mah anaknya ga sabar yak. Di bawah ini akun IG Imigrasi Jaksel.

Cus, berhubung gue domisili Jakarta dan mau bikinnya e-Paspor, langsung deh gue WA yang nomer Jakpus. Awalnya gue ngechat, “Pak antrian paspor online itu utk paspor atau epaspor jg ya? Makasih.” Eh balesannya pake chatbot hahaha, ntab kan gengs.

✅ Layanan Antrian via WhatsApp (LAW) Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat

✅ Fitur layanan:
🔸 Untuk mengajukan penjadwalan layanan paspor ketik:

#NAMA#TGLLAHIR (DDMMYYYY)#TGLLAYANAN (DDMMYYYY)

Contoh: #Budi Utama#05081975#29092017

🔸 Untuk mengetahui tanggal layanan yang tersedia ketik #tgllayanan
🔸 Untuk mengetahui persyaratan permohonan paspor ketik #persyaratan
🔸 Untuk mengetahui biaya paspor ketik #biaya

Kirim ke nomor whatsApp ini.

✅ Perhatian:
🔸 Setiap nomor WhatsApp Anda hanya dapat mengajukan penjadwalan satu kali sampai dengan tanggal layanan yang telah didapatkan.
🔸 Untuk melakukan pembatalan jadwal layanan ketik #batal

ℹ Layanan Antrian via WhatsApp (LAW)
Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat 🇮🇩

Trus misal gue reply #biaya.

✅ Biaya PNBP Paspor RI
🔸 Paspor 24 Halaman : Rp 155.000,-
🔸 Paspor 48 Halaman : Rp 355.000,-
🔸 e-Paspor 48 Halaman: Rp 655.000,-
Biaya tersebut diatas sudah termasuk biaya jasa IT Biometrik sebesar Rp. 55.000,-

http://www.imigrasi.go.id/index.php/layanan-publik/paspor-biasa#masa-berlaku-dan-biaya

ℹ Layanan Antrian Paspor via WhatsAppPaspor Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat 🇮🇩

Kalau #persyaratan, balesannya gini. Sebenernya ada 9 sih, tapi gue potong ambil yang penting aja ya. Sekedar info, bawalah kartu pegawai (asli dan fotokopi) atau surat keterangan kerja dari kantor. Kemaren ini gue dan temen gue diminta. Dan juga surat pernyataan belum pernah membuat paspor, jika belum pernah (beli di koperasi disono).

✅ PERSYARATAN PERMOHONAN PASPOR
Bagi Warga Negara Indonesia melampirkan dokumen kelengkapan persyaratan, yang terdiri atas:
1. Kartu tanda penduduk elektronik / surat keterangan sebagai pengganti KTP el sementara (asli dan fotokopi);
2. Kartu keluarga (asli dan fotokopi);
3. Akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, ijazah (asli dan fotokopi memuat nama, tempat tanggal lahir dan nama orang tua);
6. Paspor biasa lama bagi yang telah memiliki paspor biasa (asli dan fotokopi);
7. Bagi pemohon yang paspor lamanya hilang, agar melampirkan surat keterangan hilang dari kepolisian yang mencantumkan nomer paspor dan masa berlaku paspor lama yang hilang (asli);

Kemaren itu gue coba bikin jadwal tanggal 20 Maret, ternyata ga bisa.

🔴 Penjadwalan Layanan Paspor pada tanggal 20-03-2018 tidak dapat dilakukan karena tidak ada jadwal layanan atau kuota layanan harian telah terpenuhi.
🔹 Slahkan mengulangi penjadwalan Anda dengan memilih tanggal kedatangan 22032018 atau setelahnya.

Terima kasih
ℹ Layanan Antrian via WhatsApp (LAW) Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat 🇮🇩

Kita juga bisa liat tanggal yang tersedia dengan mengetik #tgllayanan.

✅ Tanggal penjadwalan layanan paspor yang dapat dipilih saat ini:
🔸 22-03-2018
🔸 26-03-2018
🔸 27-03-2018
🔸 28-03-2018
🔸 29-03-2018

ℹ Layanan Antrian via WhatsApp (LAW)
Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat 🇮🇩

Dan beberapa hari sebelum hari H, mereka akan otomatis WA sebagai pengingat.

✅ PENGINGAT KONFIRMASI KEHADIRAN
🔹 No WA: 62811xxx
🔹 Nama: xxx
🔹 Tgl. Lahir: xxx
🔹 Kode Booking: xxx
🔹 Tgl. Layanan: 22-03-2018
🔹 Jam: 09:00 - 10.00 WIB

Penjadwalan tersebut di atas akan dibatalkan oleh sistem apabila Anda tidak melakukan konfirmasi kehadiran pada tanggal 19-03-2018 sampai pukul 24.00 WIB dengan mengirim pesan #hadir.

ℹ Layanan Antrian via WhatsApp (LAW)
Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat 🇮🇩

Asik banget kan sistem yang sekarang ini.
Semoga layanan antrian online berbasis WA bisa segera diterapkan di seluruh kantor Imigrasi smilies_fb5ly1x373yj.gifsmilies_fb5ly1x373yj.gif

BACA:   Mengunjungi Gyeongbokgung Palace, King Sejo Statue dan Hanok Bukchon Village (1/6)

Apa tujuan membuat nomor antrian menggunakan Whatsapp?

Selain memudahkan masyarakat (supaya ga dateng pagi-pagi kayak gue dulu hiks lalu ngantuk-ngantuk dari jem 4 sampe jem 10), sistem ini juga bisa mencegah calo. Jadi 1 nomer cuma bisa mendapatkan 1 kode booking, untuk pembuatan 1 paspor. Nomer kita bisa dipake lagi untuk proses pembuatan paspor kalau pembuatan yang sebelumnya sudah selesai. Jangan lupa waktu kita dateng ke Kantor Imigrasi, HP / Whatsapp yang dipake untuk book antrian harus ditunjukin. Pemohon wajib datang 30 menit sebelum jadwal telah ditentukan, kalo ga, kode booking akan hangus.

Selain sistem nomor antrian, apalagi yang beda antara dulu dan sekarang?

Gue gatau apakah semua Kantor Imigrasi menerapkan urutan prosedur yang sama atau tidak. Tapi ini urutan prosedur yang terjadi di Jakpus.

1. Ambil formulir dengan cara menunjukkan kode booking di Whatsapp (WAJIB)
2. Isi formulir, lampirkan dokumen yang dibutuhkan plus surat pernyataan belum pernah memiliki paspor (jika belum)
3. Submit formulir dan dokumen, lalu kita menerima nomor antrian yang sesungguhnya
4. Duduk manis sampe nomer kita dipanggil

Kurleb perkiraan waktu di Jakpus nih ya, sapatau temen-temen pengen dapet gambaran 😀

08:15 – 08:16 Ambil formulir, isi
08:45 – 08:55 Antri mau submit form dan dok, dapet nomor 103
09:00 – 10:00 Mulai panggilan nomor 1, dan di jam 10 antrian udah sampe nomor 70an
10:32 – 10:39 Giliran nomor 103, dan di dalem ruangan wawancara cuma 7 minit :))) ingeeett, pas foto ga boleh pake softlense

Apa aja fasilitas di dalam Kantor Imigrasi Jakpus?

Menurut gue sih serupa dengan yang di Jaksel. Berikut hasil jepretan diam-diamku.

BACA:   Biaya Liburan ke Kuala Lumpur & Melaka 1.9 Juta ALL IN (3D/2N)
Meja kiri: ambil formulir | Meja panjang di tengah: submit formulir
Tempat bermain anak
Air mineral gelas gratis, kebetulan aja yang kepoto lagi kosong, tapi pas gue pulang full lagi ko kulkasnya
Ruang menyusui dengan tempat ngecas :)))

Selain hal-hal di atas, masih ada lagi hal menyenangkan dari pembuatan e-Paspor. Kalo dulu, e-Paspor kelar abis 14 hari kerja. Sekarang, 5 hari kerja aja. Semakin gerceb, luar biasyaaahh 😀

Terima kasih Kantor Imigrasi Jakpus atas pelayanan yang luar biasa! smilies_fb5ly1j43vv5.gifsmilies_fb5ly1j43vv5.gif


BACA JUGA:




2 thoughts on “[Baru] Antre Pembuatan Paspor via Whatsapp”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *