Bayi 5 Bulan Bikin Paspor

Anak bayi 5 bulan mau bikin paspor di Imigrasi Bogor. Berbeda dengan pengalaman papi maminya, kali ini gue melakukan antrian melalui aplikasi Layanan Paspor Online. Gue ga ngerti pertimbangannya apa, dan bodohnya kemarin pas kesana gue juga lupa nanya, pendaftarannya ga dibuka setiap saat huhu.




Iseng cek random, untuk di Jakarta pendaftaran dibuka dari hari Jumat jam sekian sampe hari Minggu jam sekian. Sedangkan di Imigrasi Bogor, cuma buka di hari Jumat dari jam 2-4 sore. Kebayang ga gimana ngehangnya itu sistem saking yang ngeakses banyak.



Tepat hari Jumat jam 2, gue buka aplikasi, login dan tet tot. Lemooott banget. Gue coba terus sampe jam setengah 3, masih sama lemot. Udah sempet pesimis, sudahlah. Sekitar jam setengah 4, gue coba lagi, masih dalam keadaan lemot tapi better, dan akhirnya gue berhasil dapetin nomer antrian di hari Rabu 14 Agustus! YEAY :kisss:kisss

Jam 8an kita berangkat menuju kantor Imigrasi Bogor. Begitu sampe langsung ambil formulir, isi, dan submit formulir. Gatau kenapa nomor antriannya ga langsung muncul. Jadi kami sempet nunggu dulu sekitar 20 menitan, sambil jajan pastiny wakakaka.

Tempat pengisian formulir, antri submit formulir, warung jajan, tempat fotokopi (re: panas)
Ruang tunggu versi adem

Setelah dapet nomer antrian, kita langsung disuruh masuk ke ruang wawancara prioritas (bumil, anak, manula). Disana ada ruang anaknya juga, misal mau ganti popok, menyusui, dsb.

Mami, where am I??
Ruang foto

Untuk anak bayi, proses foto dilakukan sambil dipangku. Trus di baju mamanya dilapisin kain putih. Petugasnya sangat ramah dan udah siap dengan segala kincringan supaya anaknya ngeliat ke depan. Sesudah pengambilan foto, gue diminta rekaman singkat untuk IG @imigrasibogor hahaha :malus:malus

Bayar biaya pembuatan paspor di mobil pos depan Kantor Imigrasi

Apa saja kelengkapan dokumen yang harus dipersiapkan untuk anak di bawah umur?

  • Fotokopi KTP orang tua, harus di dalam 1 lembar yang sama
  • Fotokopi paspor orang tua, harus di dalam 1 lembar yang sama
  • Fotokopi akte perkawinan orang tua
  • Fotokopi akte lahir anak
  • Fotokopi kartu keluarga
BACA:   Selamat Datang Ke Dunia, Anakku

Berapa biaya pembuatan paspor (biasa)?

  • IDR 350,000

Berapa lama proses pembuatan paspor (biasa)?

  • 1 minggu

Selamat membuat paspor yaa manteman onlenkuuhh! :bettys:bettys




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *