My Independent Grandma

07.15 WIB, di kamar.




Aku telpon mami. Udah lama kami gak telponan. Mami cerita-cerita waktu kemaren ikut MGR. Cerita mereka disuruh push up, lari kesana, lari kesini, turun tebing, dan lain-lain.



 

Tiba-tiba mami bilang, nih oma mau ngomong,

Oma : “Grace, apa kabar?”

Gege : “Baik oma. Oma?”

Oma : “Baik juga. Iya, uda lama gak denger suara Grace.”

(Lanjut dengan pembicaraan yang kurang jelas layaknya nenek-nenek tua).

Gege : “Iya oma.”

(Ikutan gak jelas, sambil mata berkaca-kaca). 

 

Trus, aku tanya ke mami,

Gege: “Oma lagi sakit bukan mi? Aku sampe berkaca-kaca.”

Mami : “Gak, oma udah gak sakit lagi, tapi emang uda gak sesehat dulu.”

Gege : “Ah masa c mi? Tapi kok gaya ngomongnya aneh? Kayak gak jelas, gak kayak biasa.”

Mami : “Iya, oma tadi sambil nangis. Mungkin oma denger tadi mami lagi nelpon, terus oma nanya telpon sama sapa. Mami bilang lagi telponan sama kamu. Terus oma mau ngomong. Yah itulah mungkin saking oma kangennya.”

Gege : (Dengan bodohnya makin nangis)

 

Aku takut banget sama yang perpisahan. Apalagi perpisahan yang dikarenakan sebuah kematian. Ketakutanku selama di UNAI ini, aku gamau sampe oma ‘lewat’ waktu aku ada di UNAI. GAMAU! 🙁

Aku belajar banyak banget dari oma.

  • Suka tersenyum
  • Gak gampang ngambek kayak oma-oma lainnya

Yang paling penting, oma itu amat sangat MANDIRI..

Selama dia masih bisa ngerjain sendiri, dia bakal kerjain itu.

Oma masih bisa ke pasar sendiri, ke bank sendiri, pergi senam sendiri, jalan pagi ke kebun raya sendiri, ke gereja sendiri.

Salut banget deh buat oma.

Oma, jangan sedih lagi yah.
Tunggu aku malem ini.

BACA:   She Passed Away!

I love OMA 🙂





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *