Pake Paypal, Aman Gitu?

“Pake Paypal, aman gitu?”




Hal pertama yang bakal muncul buat orang yang pertama kali mau transaksi pake Paypal. Gue juga dulu gitu soalnya. Ya wajar sih ya kan, namanya juga berkaitan sama duit. Gue udah pernah pake Paypal 2x. Untuk proses membayar dan juga dibayar.



Membayar

Waktu itu gue iseng belanja di eBay, sekedar pengen nyobain aja. Gue search dengan keywords, “women watch free shipping”. Intinya gue cari jam tangan yang terlihat lucu, murah, dan free ongkir. Akhirnya nemu, sellernya di Hong Kong. Barang sampe di Indo sekitar 1 bulan. Karena gue juga belinya tenang-tenang, ga butuh amat. Pas beli barang di situs eBay, harganya ditulis dalam rupiah sekitar 60 atau 70ribuan. Mureh kan? Hihi. Tapi kenyatannya sih bayarnya dalam dollar, alias USD 4,99.

Pake Paypal. Aman Gitu?

Free shipping kan?

Caranya gampang. Gue cuma perlu sign up Paypal account, masukin nomor kartu kredit. And transaction will be processed. Konyolnya, kan gue bikin alamat pengirimannya ke kantor gue. Eh malah yang tiba di kantor gue cuma selembar kertas dari kantor pos yang isinya bilang, “Ada kurang bayar 3ribuan rupiah“. Elah bet. Jadi barang gue nyangkut di kantor pos, dan kudu gue ambil langsung kesana sambil bayar si 3ribuannya itu hahahaha 😀

Dibayar

Proses nerima duit sedikit lebih membingungkan. Jadi waktu itu gue ada jual tiket yang dimana cuma bisa dipake di Korea. Setelah proses iklan yang panjang, akhirnya ada yang mau beli tiket itu. Seorang dari United States. Dari awal gue udah state ke calon buyers, kalau untuk pembayaran gue maunya pake Paypal. Kenapa? Karena cuma itu yang gue ngerti hahahaha 😀

BACA:   So Lucky I Am

2

“Yang sempet bikin gue bingung itu, informasi apa aja yang perlu gue kasih ke si buyer supaya duitnya itu sampe ke gue. Dan ternyata, cuma perlu kasih informasi email yang gue pake di Paypal account gue aja ko :)”

Setelah duitnya masuk, ga bisa langsung dicairin hari itu juga. Perlu waktu beberapa hari dulu. Sepertinya ini dikarenakan account gue account biasa, bukan yang tercatat sebagai kategori seller.

Selain itu ada 2 pilihan buat narik duit yang udah masuk, bisa gue kreditin ke kartu kredit gue ataupun cash withdrawal ke rekening. Dan gue memilih untuk withdraw ke rekening BCA gue.

3

Dan proses bayar membayar pun selesai dan juga aman. Jangan ragu untuk transaksi antarnegara. Tapi ya tetap inget, harus tetap berhati-hati 😀

 

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *