(8/8) Terpaksa Ninggalin Koper & Kamera di Narita

RABU, 6 JUNI 2018

Tokyo penuh drama. Yes, menurut gue itu judul yang tepat untuk mewakili seluruh cerita di Tokyo. Mulai dari Tokyo hari pertama duit ilang trus ketemu, Tokyo hari kedua panik nyari mesin ATM tengah malem dan sekarang Tokyo hari ketiga pun drama belum selesai.

Sebelum scroll ke bawah, kuy follow dulu smilies_fb5ly1j43vv5.gifsmilies_fb5ly1j43vv5.gif

Wes? Monggo lanjut bacaaa hihihi.

Ah boong nih belom follow, ditungguin dehhh :ngakaks:ngakaks

Jam 4 kurang kita udah pada bangun, mandi, siap-siap, buat ngejar kereta jam 05:22 pagi dari Nippori. Padahal hampir jam 2 pagi baru tidur, karena sibuk packing hahaha. Untung deket, cuma jarak 1 stasiun aja. Sambil tunggu kereta dateng, kami pesen bagasi pesawat dari website Air Asia. Sambil mengira-ngira berat koper, kita perkirakan bagasi yang 25 kg cukup, 1 untuk Gege dan 1 untuk Cindy (CN).

Setibanya di bandara, kita langsung nimbang barang. Di bandara tersedia timbangan besar supaya penumpang bisa cek, seberapa berat barang yang akan masuk bagasi dan kabin. Setelah nimbang, gue dan suami wrapping salah 1 tas yang akan masuk bagasi. Berikut daftar harga dan ukuran untuk wrapping. Kemaren gue wrapping 1 tas, cuma kena 1,000 yen sajaa.

Harga penitipan barang & wrapping
Size chart

Sekitar jam 08:30 kita mulai antri untuk check-in bagasi dan print tiket di Counter Air Asia. Sambil ngantri kita lihat-lihat penumpang lain yang sedang maju giliran di counter. Banyak penumpang yang re-packing koper di depan counter atau keluar antrian untuk re-packing. Disini kondisinya gue dan suami antri terpisah dengan CN.

Mengapa re-packing?

Karena Air Asia punya aturan maksimal berat barang yang dibawa ke kabin adalah 7 kg dengan maksimal jumlah 2 pcs tas per orang. Waktu di Korea, petugas Air Asianya ga se-strict ini. Tapi waktu yang di Hong Kong, petugas Air Asianya strict. Dan ternyata di Jepang juga strict.

BACA:   Good Bye Seoul, Hello Kuala Lumpur (6/6)

Untuk bagasi, sebenernya aman aja dengan kapasitas 25 kilo. Tapi barang yang kita ke bawa ke kabin lebih dari 7 kg. Barang gue dan suami masing-masing 8-9 kg. Sambil antri, mikir ketar-ketir, gimana caranya supaya bisa lolos. Masalahnya antrian check-in lumayan alot, karena banyak penumpang yang re-packing di counter. Jadi agak ga memungkinkan untuk antri check-in gantian (yang 1 nya lagi jagain barang).

Lalu tiba-tiba gue punya ide gila. Untuk ninggalin koper di ruang tunggu! Karena yang rada ribet dengan berat barang tuh pas di counter. Kalo udah masuk ke bagian imigrasi dan seterusnya udah aman aja.

Galau, aman ga ya, tinggalin ga ya, tapi kalau lanjut antri juga ga bakal lolos 🙁

Akirnya dengan tekad bulat, gue dan suami keluar antrian dan cari tempat buat ninggalin koper! Sebelum antri check-in, gue sempet nitip kamera di ransel CN. Tapi ternyata CN juga kelebihan berat bawaan. Jadi setelah gue balik ke antrian, CN masukin kamera ke goody bag. Sebuah goody bag, tas kain tanpa sleting tanpa tutupan! HAHA.

Beres check-in bagasi dan print ticket, gue langsung cepet-cepet balik ke ruang tunggu untuk cek koper dan kamera.

FIUH! Aman sodara-sodaraaahh hahaha smilies_fb5ly1j43vv5.gifsmilies_fb5ly1j43vv5.gif

Sayangnya di hari terakhir penuh drama ini gue ga kepikiran buat ambil gambar karena udah pusing banget.

TIPS: Kalo barang bawaan kalian overload, keadaan darurat / waktu mepet, dan kira-kira itu bandara negara aman, tinggalin aja salah 1 koper kabin kalian di ruang tunggu. Mudah-mudahan aman hihihi.

Finally we come back to Indonesia. Trip yang menyenangkan, trip penuh drama. Semoga kalian yang baca bisa menikmati, mendapatkan informasi dan tips bermanfaat yaa. Sesuai yang gue pernah tulis di awal (sebelum postingan Day 1), mestinya masih ada 3-4 postingan lagi terkait Jepang antara lain,

• #TRAVELTIPS: MEMILIH PENGINAPAN MURAH DAN STRATEGIS DI JEPANG
  • #TRAVELTIPS: BELANJA MURAH DI JEPANG
  • #TRAVELTIPS: BARANG YANG WAJIB DIBAWA KE JEPANG

Thank you juga buat temen-temen dan netijen yang udah ikutan jastip bersama Chibi <3

Don’t forget to subscribe www.gegemartina.com and click the share buttons!

BACA:   Fasilitas Stasiun Pasar Senen

Enjoy some of our pics when in Japan with these hashtags #gegemartinaJapan, #cngsJapanTrip

Feel free to leave any comments if you need further information about Japan smilies_fbejiqlyagi7.gifsmilies_fbejiqlyagi7.gif