5 Tips Menjadi Blogger Pemula

Haaaiii smilies_fb5ohtxkkci6.gifsmilies_fb5ohtxkkci6.gif

Bertepatan ngetik ini, gue langsung ceki tulisan terdahulu yang kontennya agak serupa.



BACA JUGA: Kenapa Ngeblog? Kapan Mulai Ngeblog?

Eh ternyata, tepat setaun lalu! HAHA.

Dan kebetulan juga, hari ini adalah #HariBloggerNasional smilies_fb5ohtwaipmr.gifsmilies_fb5ohtwaipmr.gif

Gue mau lanjut cerita, jadi gimana sih Tips Menjadi Blogger Pemula #AlaGege 😀

Ada aja yang suka nanya gitu ke gue, “Gimana sih start awal ngeblog?” Sampe akirnya 1-2 minggu lalu ada yang DM macem begini, lalu tergeraklah gue buat bikin jadi konten baru hihi.


Sebelum lanjut, gue iseng kepengen googling meaning of Blogger. Lantaran tadi abis nemu blogger yang nulis masih enggan menyebutkan dirinya sebagai seorang blogger.

Simple aja ko artiannya, who regularly writes material for a blog. You guys can also be a blogger! 😀


Mari kita mulai :tabrakan:

1. Bikin akun and customize your blog

Yaiyalah ya Ge! Tapi kemaren ini sempet ada yang japri, saking bingung dan (dia ngerasa) gapteknya untuk “How to create a new post?”, “How to change blog layout?” Remember, Google is your best friend! Langsung tulis aja kebingungan lu di Google. Ga jarang loh gue nerima pertanyaan yang sebenernya gue sendiri pun tak tau jawabannya, jadi kayak gue googling dulu buat nyariin jawaban.

2. Penataan rapi

Kalo udah bisa direncanain dari awal sih ya bagus. Tapi kalo ga, ya bisa juga seiring berjalannya waktu. Rencananya lu minat untuk nulis hal-hal apa. Apakah travel, lifestyle, relationship, mom & babies, atau lainnya.

Ntah ya, tapi gue anaknya suka banget kalo ngeliat sesuatu (apapun itu, baik hal di blog atau pun di dunia nyata) terklasifikasi dengan baik. Lebih enak ga sih, ngeliat sesuatu yang tertata rapi, dicarinya pun mudah. Maksudnya apa sih Ge? Bikin category atau tag. Gue sih lebih suka bikin category daripada tag. Lalu, bikinlah category itu di menu. Jadi orang yang datang berkunjung bisa membayangkan ada apa-apa aja isi dalam blogmu. Paling bete gue berkunjung ke blog orang, tapi ga ada menu atau category. Jadi nyasar-nyasar di dalem. Good view, good choice! 😀

Selain terkait tentang kategori di menu, jenis konten dalam blog juga bagus buat nentuin apa judul blog kalian. Jangan bikin judul blog “Travel Enthusiast” tapi isinya tentang relationship. Ndak nyambung toh ndo hehehe.

3. Gaya penulisan

Bikinlah gaya penulisanmu sendiri. Penyusunan kata, letak gambar, jenis font, dan sebagainya. Tapi biasanya sih, gaya penulisan kita bakal mirip dengan penulisan blog yang sering kita baca hihihi.

4. Tulis!

Jangan ragu untuk mulai, mulai aja dulu dengan sesuatu yang muncul di pikiranmu. Big things come from small packages!

5. Konsisten

Terkait nomer 4, ayo konsisten untuk nulis. Jangan cuma semangat di awal, tapi 2-3 tulisan lesu dan bubar. Menurut pengamatan gue sih, semakin rutin lu nulis / post sesuatu, semakin terus dicari pengunjung.


Tunggu apalagi, create your own blog now! Ini tips menjadi blogger pemula dulu ya, nantian ada lanjutannya lagi hihi 😀

Selamat #HariBloggerNasional smilies_fb5ly1zwmwkm.gifsmilies_fb5ly1zwmwkm.gif



Booking.com



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *